Semarak Ramadhan 1443 H di MTsN 1 Trenggalek

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Bulan yang di dalamnya amal kebaikan dilipatgandakan, begitu pula sebaliknya. Maka menjadi satu program tahunan yang bersifat instruksional bagi sebuah lembaga pendidikan untuk mengadakan serangkaian kegiatan yang terbiasa dibingkai dalam sebutan Pondok Ramadhan. Nah, berikut ini rangkaian kegiatan dalam rangka memaksimalkan keberkahan di bulan Ramadhan tahun 1443 H pada satuan kerja MTsN 1 Trenggalek.

a. Pondok Ramadhan
Pada tahun ini kegiatan pondok Ramadhan tak begitu banyak perbedaan dengan tahun sebelumnya. Dikemas dalam sebuah kegiatan bersifat klasikal yang mewajibkan kepada seluruh kelas 7 dan 8 untuk mengikutinya. Dilaksanakan pada awal Ramadhan, tepatnya pada hari Senin, tanggal 4 April sampai dengan hari Sabtu, 9 April 2022. Dalam kegiatan tersebut, sebagai tim pelaksana kegiatan adalah sebuah kepanitiaan yang diketuai oleh ustadz Sucipto. Berbekal pengalamannya selama ini menangani peringatan hari-hari besar Islam, dengan koordinasi yang baik, kegiatan pondok Ramadhan dapat sukses terlaksana.

Selama enam hari kegiatan pondok Ramadhan, peserta didik dibagi menjadi dua kelompok, yakni putra dan putri. Masing-masing melaksanakan pondok Ramadhan selama tiga hari. Peserta putra melaksanakan pada tanggal 4-6 April. Dan peserta putri mengikuti pondok Ramadhan pada tanggal 7-9 April. Mengacu kepada jadwal yang ada, kegiatan dalam satu hari pondok Ramadhan adalah shalat Dhuha berjamaah, tadarus, pembinaan materi keagamaan (meliputi thaharah, shalat, puasa) selama dua sesi, dan terakhir adalah shalat Dhuhur berjamaah. Tak lupa, di awal kegiatan, saat membuka secara resmi kegiatan Pondok Ramadhan 1443 H, kepala madrasah menyampaikan materi tentang moderasi keagamaan.

 

b. Khatmil Qur’an


Rangkaian kegiatan yang kedua adalah khatmil Qur’an. Bertempat di masjid madrasah, kegiatan pembacaan al-Qur’an dengan target satu hari khatam tersebut berlangsung pada hari Selasa, tanggal 19 April 2022. Khusus untuk kegiatan khatmil Qur’an, panitia menetapkan jadwal tersendiri. Secara teknis jadwal mustamiin (pihak yang mendengar/menyimak bacaan Qur’an) terbagi dalam 5 kelompok, yaitu kelompok OSIS & DEGA (menjadi satu kelompok), kelompok putri kelas 7, kelompok putri kelas 8, putra kelas 7 dan putra kelas 8. Sedangkan sebagai petugas pembaca adalah beberapa siswa yang sudah diseleksi sebelumnya.

Khatmil Qur’an ini menjadi salah satu tradisi tahunan di setiap Ramadhan yang sudah berlangsung bertahun-bertahun. Hanya saja, format kegiatan dari tahun ke tahun tidak pasti selalu sama. Khatmil Qur’an ini sekaligus menandai selesainya kegiatan pondok Ramadhan yang sudah berlangsung pada beberapa hari sebelumnya. Kegiatan khatmil Qur’an ini diakhiri dengan doa khatmil Qur’an yang dibacakan oleh Ustadz Abdul Malik, dan mauidhah hasanah yang pada kesempatan tersebut disampaikan oleh Ustadz Sholikin. Sebagai penghujung acara di tanggal 17 Ramadhan tersebut adalah buka bersama dan shalat Maghrib berjamaah.

c. Bagi ta’jil (berbagi buka puasa )


Pada tahun ini, salah satu yang menjadi kegiatan terbaru adalah berbagi takjil gratis. Kegiatan ini diinisiasi dan dilaksanakan oleh pihak OSIS. Pelaksanaannya bersamaan dengan sesi penutupan khatmil Qur’an. Jadi, ketika sebagian peserta (dari kelompok DEGA dan Penalifokra) menjadi mustami’in di masjid, kelompok OSIS melaksanakan kegiatan di tempat yang berbeda. Sesuai dengan kesepatan dari pihak OSIS bersama guru pembinanya, kegiatan berbagi takjil dilaksanakan di pertigaan Jarakan yang lalu lintas kendaraan relatif lebih padat. Meskipun hujan gerimis terjadi saat pembagian takjil berlangsung, tetapi tak menyurutkan semangat anak-anak OSIS membagikan takjil kepada pengguna jalan yang kebetulan sedang lewat.

Demikianlah, rangkaian kegiatan dalam rangka memaksimalkan keberkahan di bulan Ramadhan 1443 H. Semoga menjadi penambah kegiatan yang positif dan berdampak positif yang berkelanjutan khususnya bagi para peserta didik, dan pada umumnya bagi seluruh keluarga MTsN 1 Trenggalek beserta lingkungan di sekitarnya. Aamiin.

Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.
Kirim email ke kami
ibnu.em78@gmail.com
Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.