Bekali Kompetensi Anggota, PENALIFOKRA Gelar Diklat KIR

Trenggalek (MTsN 1)- Persatuan Jurnalistik, Literasi, Fotografi dan Karya Ilmiah Remaja MTsN 1 Trenggalek yang lebih dikenal dengan sebutan PENALIFOKRA pada hari Kamis (22/2) menyelenggarakan kegiatan Diklat Karya Ilmiah Remaja (KIR). Kegiatan yang diselenggarakan di Aula MTsN 1 Trenggalek mulai pukul 07.00 WIB tersebut bertujuan untuk membekali anggota dalam bidang penelitian. Acara yang dihadiri oleh 114 peserta yang terdiri dari perwakilan kelas 7 dan 8 tersebut berakhir pada pukul 15.00 WIB.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah dan para pembina. Jamaluddin Malik selaku Kepala Madrasah menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membekali peserta didik dalam mengasah nalar kritisnya, menguatkan literasi dan keterampilan hidup (life skill) di era ini dan yang akan datang.

Kegiatan yang mendatangkan Narasumber yakni Bayu Satriawan yang merupakan Direktur sekaligus Founder Rumah KIR Indonesia ini berlangsung dengan lancar. Para peserta dengan antusias mengikuti setiap sesi kegiatan. Pada sesi terakhir narasumber memotivasi agar peserta secara konsisten mengembangkan ilmu tentang penelitian yang telah diperoleh salah satunya dengan berpartisipasi pada kegiatan lomba penelitian seperti Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) dan sejenisnya.

Koordinator Pembina PENALIFOKRA yakni Masrotun Khoiriyah atau yang lebih akrab dipanggil ‘Bu Choir’, dalam sesi wawancara menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan membekali anggota agar mampu menyusun Karya Tulis Ilmiah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, mengetahui cara penulis menuangkan ide ilmiahnya ke dalam suatu tulisan yang dapat diklaim kebenarannya, memahami dan menyusun metode penelitian pada karya ilmiah yang akan dipublikasikan, memberdayakan kemampuan dan keterampilan, mampu membuat karya tulis/karya ilmiah yang inovatif dan berkualitas di bidang pendidikan, serta meningkatkan kompetensi siswa dalam karya tulis ilmiah. (MAs)

 

Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.
Kirim email ke kami
ibnu.em78@gmail.com
Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.