Reorganisasi dan Pelantikan Pengurus Baru KKR/PIK-R Wangsa Adhigana Masa Bakti 2022/2023

Sabtu (29/10) bertempat di aula madrasah, berlangsung kegiatan pelantikan pengurus baru KKR/PIK-R Wangsa Adhigana periode 2022/2023. Kegiatan pelantikan tersebut dihadiri oleh wakil kepala madrasah, pembina KKR/PIK-R Wangsa Adhigana, pengurus KKR/PIK-R periode 2021-2022, pengurus KKR/PIK-R periode 2022-2023 yang dilantik dan alumni KKR/PIK-R Wangsa Adhigana.

Sebagai bagian dari latihan berorganisasi, acara pelantikan disusun sebagaimana layaknya sebuah seremonial resmi. Berikut ini susunan acara yang telah berlangsung:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an
  3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UKS
  4. Prosesi pelantikan pengurus baru KKR/PIK-R Wangsa Adhigana MTsN 1 Trenggalek
  5. Pengukuhan pengurus baru KKR/PIK-R Wangsa Adhigana MTsN 1 Trenggalek masa bakti 2022/2023
  6. Penyerahan dokumen laporan pertanggung jawaban dari pengurus lama kepada pengurus baru
  7. Sambutan-sambutan
  8. Doa
  9. Penutup

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Sebagai petugas pembaca adalah Muhammad Nasrulloh Masyhuri (kelas 9K). Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dan Mars UKS. Prosesi pengukuhan pengurus baru KKR/PIK-R dipimpin oleh Wakamad Kesiswaan, Joko Waluyo Nugroho. Saat melaksanakan pengukuhan pengurus baru ini Joko Waluyo berpesan agar amanah yang diberikan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Dilanjut dengan penyerahan dokumen laporan pertanggung jawaban dari Nafisa Sabriya Wijonarko selaku Ketua masa bakti 2020/2021 kepada  Muhammad Du Deva Fawwaz, sebagai ketua masa bakti 2022/2023

Setelah itu acara dilanjut dengan sambutan dari Laily Rochmiati, selaku Pembina KKR/PIK-R Wangsa Adhigana. Guru mata pelajaran Matematika ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus lama yang telah mengorbankan waktu dan pikiran untuk kemajuan KKR/PIK-R Wangsa Adhigana dan ucapan selamat untuk pengurus baru KKR/PIK-R Wangsa Adhigana. Selanjutnya ia mengharapkan pengurus baru dapat melaksanakan program kerja dengan solidaritas tinggi dan penuh semangat.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Joko Waluyo Nugroho. Saat menyampaikan kata-kata  motivasi kepada seluruh anggota baru KKR/PIK-R Wangsa Adhigana, ada nasehat bernuansa bahasa Jawa disampaikan oleh wakamad kesiswaan tersebut.

Ada 3 sikap yang harus diwujudkan oleh seorang anak organisasi:

  1. Ora gumunan (tidak gampang terkejut)
  2. Ora ola-olo (tidak lambat dalam berfikir dan bertindak)
  3. Wani nglakoni (berani berbuat dan bertanggung jawab)

Setelah penyampaian motivasi dari Joko Waluyo Nugroho, kegiatan memasuki sesi istirahat. Pada saat ini, peserta diperbolehkan menikmati bekal yang mereka bawa dari rumah, atau membeli makanan yang disediakan di kantin madrasah.

Setelah istirahat acara dilanjut dengan pengenalan dan penyampaian materi oleh Nunung Tri Sulistyorini, selaku pembina UKS. Saat berada di podium, ia menjelaskan seputar KKR/PIK-R, khususnya kepada anggota baru. KKR adalah akronim dari Kader Kesehatan Remaja. KKR merupakan  kader kesehatan sekolah yang telah mendapat pelatihan kader kesehatan remaja. PIK-R adalah akronim dari Pusat Informasi & Konseling Remaja. PIK-R adalah suatu wadah kegiatan program KKR yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang Perencanaan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya. Sedangkan kata “Wangsa Adhigana” adalah nama untuk KKR/PIK-R yang berada di Lembaga Pendidikan MTsN 1 Trenggalek. Guru BK ini menjelaskan lebih lanjut, bahwa Wangsa berarti golongan, dan Adhigana memiliki arti unggul. Jadi, arti sebenarnya dari “Wangsa Adhigana” adalah golongan yang unggul.

Selepas sambutan dari para pembina UKS ini, kegiatan masih dilanjutkan dengan sambutan yang lain. Dua mantan ketua KKR pada dua periode sebelumnya, yang pada hari itu berkesempatan hadir, juga diberikan kesempatan memberikan motivasinya kepada para yunior mereka. Saat berada di depan, kedua alumni tersebut pada prinsipnya menyampaikan pengalaman mereka saat melaksanakan kepengurusan di MTsN 1 Trenggalek. Tak lupa, mereka juga menyampaikan saran dan harapan, terutama kepada pengurus baru, demi lebih baiknya kepengurusan KKR-PIK/R di masa mendatang.

Selamat Bertugas Untuk Para Pengurus Baru KKR/PIK-R Wangsa Adhigana 2022/2023!!

Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.
Kirim email ke kami
ibnu.em78@gmail.com
Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.