Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kamad Perkuat Semangat Nasionalisme

Sabtu (1/10) berlangsung kegiatan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Kegiatan yang bertempat di lapangan tengah MTsN 1 Trenggalek ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, staf TU dan mahasiswa UIN Satu (Sayyid Ali Rahmatullah) yang sedang PPL.

Pada kesempatan upacara kali ini yang bertindak sebagai petugas pelaksana adalah para pengurus OSIS dan Passus. Sementara yang bertindak sebagai Pembina upacara adalah Drs. Jamaludin Malik, M.A., sebagai kepala madrasah. Meski cuaca sedikit mendung, namun rangkaian upacara dapat berjalan secara kesuluruhan dengan lancar dan sukses.

Dalam amanatnya, kepala madrasah yang menjabat belum genap setahun ini  menyampaikan bahwa kemerdekaan Indonesia bukan semata-mata hasil jerih payah para pahlawan, bukan semata-mata hadiah ataupun pemberian dari negara lain. Akan tetapi kemerdekaan adalah berkat dan rahmat dari Allah SWT. Penjelasan tersebut sebagaimana tercantum dalam teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea ke-3.

Termasuk bentuk dari rahmat Allah kepada negara Republik Indonesia, yaitu terselamatkannya negara Indonesia dari upaya pemberontakan partai komunis, yang terkenal dengan Gerakan 30 September PKI (G 30 S PKI).  Selanjutnya, kamad menjelaskan, bahwa Pancasila adalah way of life bangsa Indonesia. Pancasila adalah dasar negara yang sesuai dengan falsafah hidup bangsa Indonesia. “dengan menjalankan nilai-nilai Pancasila maka berarti sudah menjalankan nilai-nilai keislaman,” terangnya. Maka keberadaan Pancasila ini harus terus dijaga dan dipertahankan dari segala bentuk upaya penggantiannya dengan paham yang lain .

Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.
Kirim email ke kami
ibnu.em78@gmail.com
Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.