Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw Di Masa PTM-T

Rangkaian kegiatan pembelajaran di masa PTM-T perlu didesain dengan sebaik mungkin, sehingga antara pencapaian tujuan belajar yang menjadi amanah kurikulum tetap bisa berjalan beriringan dengan peringatan hari besar keagamaan Islam. Sabtu (19/03) OSIS MTsN 1 Trenggalek mengadakan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw. Acara pada tahun ini dikemas dengan tetap memperhatikan aturan protokol kesehatan.  Ada tiga kegiatan yang berlangsung dalam satu hari pembelajaran tersebut, ceramah agama, MTQ dan Pildacil. Kegiatan ceramah agama bertempat di masjid madrasah. Ceramah kali ini terbagi dalam dua sesi,  sesi 1 (untuk kelas 7) disampaikan oleh ustadz Abu Zahrah, salah satu pimpinan lembaga pendidikan Islam di wilayah kabupaten Trenggalek. Sedangkan untuk sesi 2 (dihadiri oleh siswa kelas 8) disampaikan oleh Ustadz Sucipto, salah satu guru mata pelajaran Bahasa Arab yang sering menjadi ketua pelaksana acara-acara keagamaan di MTsN 1 Trenggalek.  Sedangkan untuk para siswa kelas 9 tidak dilibatkan dalam rangkaian kegiatan di atas. Khusus siswa kelas 9 dikonsentrasikan untuk menyiapkan kegiatan Ujian Madrasah (UM) yang akan dilaksanakan pada pekan berikutnya.

Secara umum, ceramah keagamaan yang disampaikan dalam dua sesi tersebut memiliki kesamaan tema, yaitu tentang hikmah Isra Mi’raj. Salah satu tujuan dari penyampaian materi ini agar peserta didik mengetahui proses perintah shalat yang diterima oleh Nabi Muhammad saw. Adanya pemahaman yang kuat tentang kedudukan shalat dalam Islam, diharapkan akan meningkatkan kesadaran dan ikhtiyar peserta didik agar bisa menomorsatukan urusan shalat dibandingkan dengan yang lain.

Di tempat lain dalam waktu yang hampir bersamaan, OSIS yang dinahkodai oleh sekbid 1 ini menyelenggarakan MTQ. Perlombaan seni menyuarakan bacaan Qur’an dengan indah ini bertempat di Aula madrasah. Bertindak sebagai juri yaitu Hj.Siti Nur Azizah (guru matpel Qur’an Hadits) dan Abdul Malik (guru matpel Aqidah Akhlaq).

Adapun untuk perlombaan MTQ  berdasarkan penilaian dari kedua juri, maka sebagai peraih juara dalam perlombaan kali ini adalah sebagai berikut:

  1. Muhammad Nasrullah (8K)
  2. Indah Rahayu (8L)
  3. Dary Ghanang Yudian Pangestu (8i)

Untuk perlombaan Pildacil (Pilihan Dai Cilik) berlokasi di GOR madrasah. Sesi pemilihan siswa bertalenta muballigh ini dipandu oleh dua orang juri, yaitu Nurul Aini Nusrotu Diniyah (guru matpel Fiqh) dan M. Muiz El-Hakim (guru matpel Aqidah Akhlaq). Sebagai hasil perlombaan Pildacil adalah sebagai berikut:

  1. Juara 1 : Nindya Sahandaningfatma Fatma (8L)
  2. Juara 2 : Talita Luthfiyah Aura Widyani (7L)
  3. Juara 3: Shevi Maya Salsabila (8G)

Semoga dengan pelaksanaan rangkaian kegiatan peringatan Isra’ Mi’raj tersebut menjadi tambahan kegiatan yang bermakna, khususnya bagi peserta didik dan pada umumnya bagi keluarga besar MTsN 1 Trenggalek di masa sekarang hingga masa mendatang. Aamiin.

Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.
Kirim email ke kami
ibnu.em78@gmail.com
Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.