Masuk Pertama Pasca Liburan Lebaran, MTsN 1 Trenggalek Adakan Halal Bihalal

Salah satu tradisi di MTsN 1 Trenggalek setelah Idul Fitri adalah ber-halal bihalal. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari pertama masuk ke madrasah. Senin (9/5) adalah hari pertama masuk setelah liburan lebaran 1443 H. beberapa saat setelah berada di madrasah, peserta didik yang terdiri dari kelas 7 dan 8 diarahkan untuk menuju GOR yang berada di area madrasah bagian belakang. Didampingi oleh seluruh guru dan karyawan, kegiatan halal bihalal pada tahun ini memanfaatkan keberadaan GOR sebagai salah satu asset kebanggaan madrasah.

Dipandu oleh Masrotun Choiriyah, koordinator Penalifokra, selaku pembawa acara, kegiatan halal  bihalal dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana. Dimulai pada pukul 07.30, dikemas dalam bentuk  apel, namun berada di dalam ruang yang tertutup (GOR), para peserta didik dikomando untuk berbaris rapi berdasarkan jenis kelaminnya. Peserta putri berada di sebelah kiri, dan peserta putra berada di sebelah kanan. Adapun kelompok guru dan karyawan berada di depan barisan, berhadapan dengan barisan peserta didik.

Setelah dibuka oleh pembawa acara, kepala madrasah berkesempatan menyampaikan sambutannya. Widodo Setyadi, selaku kepala madrasah, menyampaikan beberapa hal. Di antaranya yang terpenting adalah bahwa kegiatan di hari pertama masuk ke madrasah tersebut adalah untuk ber-halal bihalal. Selaku manusia biasa tentu dalam satu tahun yang telah lewat tidak terlepas dari kesalahan ataupun kekhilafan. Maka dalam momentum Idul Fitri selain sama-sama mendoakan agar setelah keluar dari bulan Ramadhan berhasil menjadi insan yang bertaqwa, sesama muslim juga diminta untuk saling memberi maaf  kepada sesama. Sehingga pada bulan Syawal ini bisa kembali menjadi fitri, seperti kondisi anak bayi yang baru terlahir dari ibunya. Selain itu, pak Widodo juga menyampaikan SE (Surat Edaran) terkait dengan pembelajaran di hari-hari pertama masuk madrasah. Selanjutnya, kepada seluruh peserta didik diminta untuk dapat mengikuti pelajaran via daring dengan baik, yang mana pembelajaran jarak jauh (PJJ) tersebut akan dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu (10-11 Mei), dan pembelajaran secara normal akan kembali dimulai pada hari Kamis, 12 Mei 2022.

Momentum halal bihalal guru dan peserta didik MTsN 1 Trenggalek yang bertempat di GOR madrasah ini diakhiri dengan mushafahah (berjabat tangan). Peserta didik laki-laki berjabat tangan dengan bapak dan pegawai karyawan yang laki-laki, dan peserta didik perempuan berjabat tangan dengan ibu guru dan pegawai/karyawan yang perempuan.

Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.
Kirim email ke kami
ibnu.em78@gmail.com
Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.