Kemah Blok 2023: Wakasis Ingatkan Tantangan Peserta Didik

Kemah Blok adalah sebuah perkemahan yang dilaksanakan sekali dalam masa belajar di MTs Negeri 1 Trenggalek. Kemah Blok menjadi giat kepramukaan yang pertama kali dilaksanakan oleh peserta didik baru. Oleh karenanya, momentum perkemahan ini menjadi media orientasi kepramukaan yang sebelumnya telah direncanakan secara optimal, tepat dan akurat oleh tim panitia.

Sabtu-Ahad, bertepatan dengan tanggal 29-30 Juli 2023 berlangsung Kemah Blok di MTs Negeri 1 Trenggalek. Giat perkemahan perdana ini diikuti oleh semua siswa kelas VII yang berjumlah 12 rombel, berjumlah 406 siswa. Bertindak sebagai panitia pelaksana adalah para pengurus Dewan Galang dengan melibatkan sedikit pengurus OSIM., PIK-R dan Penalifokra.

Sabtu pukul 13.00 WIB para peserta didik kelas VII mulai berdatangan ke madrasah. Registrasi peserta bertempat di GOR. Di lokasi ini, para peserta Kemah Blok mendapatkan pengarahan dari Pembina Dewan Galang sampai menjelang pukul 15.00 WIB. Kemah Blok dimulai dengan dilaksanakannya apel pada pukul 15.15 WIB. Bertempat di lapangan tengah, wakamad bagian kesiswaan, Zainal Arifin, bertindak sebagai Pembina Apel. Sebelum membuka secara resmi kegiatan Kemah Blok, Zainal Arifin menyampaikan sambutan singkat. Pria yang sehari-hari mengampu pelajaran PJOK ini mengingatkan bahwa tantangan bagi siswa adalah mewujudkan pribadi yang berakhlakul karimah. Ia kemudian menambahkan, bahwa Nabi Muhammad saw diutus untuk menyempurnakan akhlaq para manusia.

Sementara menurut Joko Waluyo Nugroho, wakamad Humas yang didapuk menjadi Pembina Upacara Adat, Kemah Blok menjadi latihan pertama siswa kelas VII untuk mulai belajar mandiri, hidup terpisah dari orangtua. Dalam perkemahan sehari tersebut, peserta dilatih untuk berjiwa mandiri dan bermasyarakat. Tidur hanya beralaskan tikar, berada dalam satu ruang besar bersama-sama dengan orang lain serta dilatih bersabar di saat berada dalam antrian penggunaan fasilitas umum.

Dalam kesempatan Kemah Blok para peserta didik juga dilatih untuk membiasakan shalat berjamaah, shalat sunnah, dan tadarrus. Melalui kegiatan Pentas Seni, para pesera dilatih untuk tampil percara diri di depan publik. Dalam kesempatan itu, peserta didik diberikan kesempatan untuk menyajikan potensi atau bakat terbaiknya.

Rangkaian Kemah Blok secara resmi ditutup pada pukul 08.30 WIB. Dalam nuansa pagi yang cerah di bawah sinar matahari yang menghangatkan tubuh, Mansyur Hidayat, koordinator Pembina pramuka satuan Putra, menutup secara resmi Kemah Blok 2023. Tak lupa, beberapa pesan ia sampaikan kepada para peserta, untuk memberi penguatan mengenai tujuan terselenggarakannya Kemah Blok bagi para peserta didik baru.

Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.
Kirim email ke kami
ibnu.em78@gmail.com
Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.