Aksi Bergizi Di Sabtu Penghujung Februari

Sabtu, (25/02) MTsN 1 Trenggalek mengadakan aksi bergizi untuk seluruh siswa-siswi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti program dari Puskesmas Trenggalek. Sebelumnya, madrasah yang berlokasi di sebelah barat TMP Karangsoko Trenggalek ini mendapatkan surat dari Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Nomor: 442/779/406.010/2023 Tentang Pelaksanaan Aksi Bergizi.

Kegiatan diawali dengan senam CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) bersama di lapangan MTsN 1 Trenggalek dengan dipandu oleh kader KKR/PIK-R Wangsa Adhigana. Seluruh siswa-siswi bersemangat mengikuti gerakan senam sembari mendengarkan irama lagu. Pembelajaran tentang cara mencuci tangan yang benar diwujudkan dengan gerakan senam inovatif mengikuti irama musik senam agar lebih menarik minat dan mudah dihafalkan.

Usai kegiatan senam, petugas dari Puskesmas Trenggalek memberikan sosialisasi terkait pencegahan anemia dan kekurangan gizi pada remaja. Materi yang disampaikan terutama mengenai pentingnya zat besi bagi manusia. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia pada remaja putri. Maka untuk mencegah terjadinya anemia pada remaja putri perlu adanya kebiasaan makan makanan dengan pola 4 sehat 5 sempurna serta rutin mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) satu minggu sekali.

Kegiatan diakhiri dengan makan bekal bersama yang dibawa dari rumah dengan porsi sesuai Isi Piringku yang telah disosialisasikan pada hari Jumat, 24 Februari 2023. Bekal makan tersebut diletakkan dalam kotak makan dan air minum di dalam tumbler yang dibawa masing-masing siswa dari rumah. Hal ini menjadi bagian dari pembiasaan kepada para peserta didik sebagai perwujudan madrasah adiwiyata. Kemudian kader perwakilan kelas bertugas untuk membagikan TTD kepada remaja putri untuk dikonsumsi pada hari itu.

Diharapkan dari kegiatan hari ini para remaja semakin sadar akan pentingnya menjaga pola makan yang seimbang dan rutin mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD). Selanjutnya, berawal dari kegiatan hari ini semoga menjadi kebiasaan sehari-hari bagi para remaja, khususnya para remaja putri. Sehingga Indonesia dapat bebas dari stunting dan memiliki SDM yang sehat dan berkualitas. “WUJUDKAN AKSI BERGIZI DI SEKOLAH UNTUK REMAJA SEHAT INDONESIA”.

 

Kontributor : NS

Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.
Kirim email ke kami
ibnu.em78@gmail.com
Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.