629 Siswa Ikuti Matsanesaga Talenta 2022

Dalam upaya meningkatkan potensi akademik maupun non akademik siswa-siswi SD/MI yang khususnya berdomisili di kabupaten Trenggalek, dan juga sebagai bagian dari ikhtiyar MTsN 1 Trenggalek untuk menumbuhkan semangat berkompetisi bagi para peserta didik di SD/MI, maka MTsN 1 Trenggalek menyelenggarakan sebuah kompetisi yaitu MATSANESAGA TALENTA 2022. Kegiatan ini adalah agenda tahunan, di mana tahun ini diselenggarakan pada hari Ahad, 20 Februari 2022. Kegiatan yang dijalankan oleh sebuah panitia khusus dengan dinahkodai oleh Zainal Arifin, guru mapel Penjaskes, ini diikuti sebanyak 629 siswa-siswi SD/MI se-Kabupaten Trenggalek.

Adapun bidang yang diperlombakan adalah bidang akademik dan non akademik. Untuk bidang akademik meliputi beberapa jenis, yaitu: Matematika, IPA, IPS,dan PAI. Sedangkan untuk bidang non akademik meliputi lomba: MTQ, pidato Bahasa Indonesia, pidato Bahasa Inggris, pidato Bahasa Arab, Menyanyi solo, Tari, Karate, Pencak silat, Melukis, dan Kaligrafi.

Mengingat masih dalam suasana pandemi, MATSANESAGA TALENTA 2022 bidang akademik dilaksanakan dalam dua sesi. Seluruh rangkaian perlombaan ini diawali dengan apel pembukaan. Kepala madrasah, Widodo Setyadi langsung bertindak sebagai Pembina Apel, sementara untuk pemimpin apel dilaksanakan oleh Raffi Rochmanda Putra, siswa kelas 8E. Apel pembukaan berjalan dengan lancar, dengan indikator, tidak adanya peserta yang pingsan atau mundur dari barisan peserta apel.

Selesai pelaksanaan apel pembukaan, pada pukul 08.00 WIB perlombaan dari segala cabang pun dimulai. Tempat perlombaan berada di kelas-kelas yang tersentral di wilayah tengah madrasah, sedangkan untuk beberapa lomba non akademik tersebar di beberapa lokasi. Di sebagian kelas, serambi masjid, GOR dan ruang musik. Seluruh peserta MATSANESAGA TALENTA 2022 mendapatkan fasilitas yang berupa: snack, air minum dan sertifikat. Selain itu khususnya untuk pemenang juara 1, 2 dan 3 di masing-masing bidang akan mendapatkan trophy penghargaan dari panitia.

Para peserta MATSANESAGA TALENTA 2022 melaksanakan perlombaan dengan penuh semangat. Meski demikian tidak sedikit di antara mereka yang menampakkan wajah gugup bercampur tegang. Suatu hal yang wajar terjadi, mengingat mereka baru pertama kali berada di sebuah lembaga yang cukup luas untuk berkompetisi dan dihadapkan pada para guru pengawas ataupun juri yang berasal dari dewan guru MTsN 1 Trenggalek. Hasil dari kompetisi ini diumumkan pada hari Senin 21 Februari 2022 pukul 12.00 di MTsN 1 Trenggalek.

Di sela-sela pelaksanaan lomba, tim jurnalis PENALIFOKRA menyempatkan mewawancarai beberapa perwakilan peserta lomba. Kepada tim penggiat pemberitaan tersebut, mayoritas peserta ternyata berkeinginan besar untuk bisa menjadi peserta didik di madrasah barat TMP Karangsoko ini. Berbekal cita-cita tersebut, mereka ini telah menyiapkan diri dengan semaksimal mungkin, dengan harapan mendapatkan predikat terbaik dalam perlombaan. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang berlatih satu hingga dua minggu penuh sebelumnya untuk berlatih dan mengasah kemampuan mereka sebelum mengikuti lomba ini. Tentunya hal ini semata-mata dimotivasi keinginan kuat dari mereka untuk dapat melanjutkan jenjang pendidikan di MTsN 1 Trenggalek.

Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.
Kirim email ke kami
ibnu.em78@gmail.com
Update Informasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek Kini dalam Genggaman.